Honda Vario selalu menjadi primadona skuter matik di Indonesia. Kini, PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggoda pasar lewat Honda Vario 160 Facelift 2025. Mengusung desain lebih segar, teknologi makin modern, dan performa yang tak kalah impresif, motor ini siap memperkuat dominasinya di kelas 160 cc. Berikut ulasan lengkap yang bisa jadi pertimbangan sebelum meminangnya.
Desain Lebih Sporty dan Futuristik
Perubahan paling mencolok hadir di sektor eksterior. Vario 160 Facelift mengadopsi headlamp LED bertingkat dengan DRL berbentuk “boomerang” yang memberikan sentuhan agresif sekaligus futuristik. Garis bodi lebih tegas, ditunjang warna dual-tone dan emblem 3D beraksen krom yang meningkatkan kesan premium. Velg baru bermotif Y-spoke terlihat lebih ringan namun tetap kokoh.
Dimensi dan Ergonomi
Meski tampil lebih bongsor, Honda mempertahankan ergonomi nyaman: tinggi jok 778 mm, jarak terendah ke tanah 140 mm, dan berat isi 117 kg. Floor deck sedikit diperluas, memberi ruang kaki lega untuk perjalanan harian maupun touring singkat.
Fitur Semakin Lengkap
- Honda Selectable Torque Control (HSTC)
Fitur anti-selip ini biasanya hadir di motor sport kelas atas. Kini, Vario 160 Facelift memanfaatkannya untuk menjaga traksi saat akselerasi di permukaan licin. - Panel Meter TFT 5 inci
Berwarna penuh dengan konektivitas Honda RoadSync. Pengendara bisa menerima notifikasi panggilan, navigasi turn-by-turn, hingga data konsumsi BBM real-time. - USB Type-C Fast Charging
Kompartemen depan kini menampung port 5 V/3 A, mengisi daya smartphone 0–50 % hanya dalam 30 menit*. - Smart Key 2.0 & Alarm
Menambah peace of mind berkat answer-back system, immobilizer, dan sensor gerak yang lebih sensitif. - LED Hazard dan ESS
Emergency Stop Signal otomatis menyalakan lampu hazard saat pengereman mendadak.
*Berdasarkan pengujian internal AHM menggunakan perangkat 4 000 mAh.
Performa Mesin 160 cc eSP+
Jantung pacu 4-valve eSP+ berkapasitas 156,9 cc ini menghasilkan daya 15,4 PS/8 500 rpm dan torsi 13,8 Nm/7 000 rpm. Sistem pendingin cairan dan teknologi offset cylinder meminimalkan gesekan, menghasilkan efisiensi bahan bakar 46 km/l (metode WMTC). Transmisi CVT responsif, membuat akselerasi 0–60 km/jam tuntas dalam 4,7 detik.
Rangka ESAF Lebih Rigid
Vario 160 Facelift tetap mengusung rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) yang terkenal ringan namun kuat. Suspensi depan teleskopik dikombinasikan dengan sokbreker belakang tunggal yang kini dilengkapi preload adjustable 3-level untuk menyesuaikan beban.
Sistem Pengereman
Versi ABS memakai cakram depan 220 mm bertangkap kaliper piston ganda dan cakram belakang 190 mm. Sementara varian CBS mempertahankan kombinasi tromol belakang namun sudah ditopang Combi Brake System yang di-update agar respons hidroliknya lebih halus.
Konsumsi dan Perawatan
Dengan tangki 5,5 L, jarak jelajah teoretis mencapai 250 km sekali isi penuh. Interval servis tetap setiap 4 000 km, tetapi busi iridium bawaan pabrik menjanjikan usia pakai hingga 20 000 km, mengurangi biaya perawatan.
Varian & Harga
- CBS Standard: Rp 26,9 juta OTR Jakarta
- ABS Premium: Rp 29,5 juta OTR Jakarta
- ABS Special Edition (velg gold & jok dual-tone): Rp 30,1 juta OTR Jakarta
Tersedia enam pilihan warna, mulai dari Matte Axis Grey hingga Candy Luminous Red, memenuhi selera gaya urban.
Kesimpulan
Honda Vario 160 Facelift 2025 bukan sekadar penyegaran kosmetik. Honda menyematkan fitur kelas atas—HSTC, TFT display, RoadSync, USB-C fast charging—yang jarang ditemukan di skutik kompetitor. Dipadu desain atraktif dan performa mumpuni, motor ini pantas dipertimbangkan bagi rider yang mencari keseimbangan gaya, teknologi, dan efisiensi.
Jika Anda menginginkan skuter matik yang siap menemani rutinitas kota sekaligus perjalanan luar kota dengan nyaman, Honda Vario 160 Facelift adalah pilihan yang sulit untuk dilewatkan.